Mengatasi Error dan Cara Membuat OpenID untuk Komentar

Yuk kita cari tau... Mengatasi Error dan Cara Membuat OpenID untuk Komentar | Sebelum kita masuk ke pokok pembahasan, saya akan mencoba untuk menjelaskan secara singkat mengenai manfaat Blogwalking, yang tentunya ada kaitan dengan tema kali ini, yaitu; cara meng-aktifkan OpenID Blog untuk berkomentar pada Blog yang kita kunjungi.

Apa yang dimaksud Blogwalking? Blogwalking adalah sebuah aktivitas berkunjungnya seorang Blogger dari Blog yang satu ke Blog yang lain secara rutin serta memberikan tanggapan (komentar) atas artikel yang telah dibacanya. Sedangkan manfaat blogwalking itu sendiri merupakan salah satu trik SEO guna mengoptimalkan Blog pada Search Engine serta dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Nah.. demikianlah kira-kira penjelasan singkat mengenai blogwalking.

Lalu apa dimana kaitannya Blogwalking dengan tema kali ini yang membahas mengenai cara Mengatasi Error dan Cara Membuat OpenID untuk Komentar? Dengan meninggalkan komentar pada Blog yang telah dikunjungi inilah yang ada kaitanya dengan tema kali ini.
Mengatasi Error OpenID Komentar
OkeHand lanjut lagi...
Parnahkah anda merasakan setelah Membaca artikel yang bermanfaat dari blog orang lain dan ternyata bisa membuat kita menjadi termotivasi, merasa terbantu dalam memecahkan suatu masalah serta dapat menginspirasi kita? Jika pernah merasakan, tentunya kita sebagai pengunjung akan merasa sangat berterimakasih bukan? Nah... sebagai wujud ungkapan rasa terimakasih kita kepada pemilik blog atas artikel yang bermanfaat itu, kita apresiasikan melalui kolom komentar yang sudah tersedia didalam Blog tersebut.

Namun yang terkadang menjadi kendala dalam kita menyampaikan apresiasinya (komentarnya) kepada pemilik blog atas artikel yang bermanfaat itu, kolom komentar yang tersedia pada Blog tersebut menggunakan pilihan OpenID. Jadi apabila anda belum melakukan verifikasi OpenID, maka pada saat ingin mem-Publikasikan Komentar anda akan muncul peringatan "Kredensial OpenID Anda tidak dapat diverifikasi" atau "Your OpenID Credentials Could Not be Verified" seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini;
Kesalahan OpenID saat Komentar
Lalu bagaimana agar kita bisa berkomentar jika blog yang kita kunjungi menggunakan kolom komentar OpenID? Sebenarnya mudah, untuk bisa berkomentar dengan menggunakan OpenID. Kita hanya harus meng-aktifkan terlebih dahulu OpenID yang ada pada akun Blog kita.

1. Cara meng-aktifkan OpenID pada Blogger

- Masuk ke https://www.blogger.com/
- Pilih Menu Setting atau Setelan
- Pilih Menu Other atau Lainnya
- Pilih OpenID lalu masukan URL Blog Anda.

Setelah meng-aktifkan OpenID langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi dengan menggunakan kode HTML dibawah ini;
<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='http://oke-hand.blogspot.com' rel='openid.delegate'/>
Caranya memasukan kedalam Template Blog anda lalu simpan dibawah kode <head>, sehingga menjadi seperti ini;
<head>
<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='http://oke-hand.blogspot.com' rel='openid.delegate'/>
** ganti; http://oke-hand.blogspot.com dengan nama Blog anda.

Silahkan Anda coba untuk berkomentar dengan memasukan URL Blog Anda sebagai OpenID, lihat gambar dibawah ini;
OpenID URL
Dan untuk pertamakalinya anda memberi komentar dengan menggunakan OpenID, pastinya akan muncul notifikasi atau pemberitahu seperti gambar dibawah ini;
Notifikasi OpenID Blog
Nah...kami sarankan pilihlah; Yes, always agar notifikasi tersebut tidak muncul kembali.

2. Cara Membuat OpenID di Stack Exchange

Meng-aktifkan atau membuat OpenID dengan cara yang kedua ini menggunakan penyedia layanan dari pihak ketiga (third party) dan salah satunya Stack Exchange. Untuk meng-aktifkan atau membuat OpenID melalui Stack Exchange ini, anda harus mendaftar terlebih dahulu dan berikut langkah-langkahnya;
- Kunjungi situs resmi Stack Exchange disini
- Klik kolom Register
- Isikan alamat email dan masukan password anda
- Klik Send Confirmation Email
- Buka email anda
- Klik tautan yang diberikan
- Anda akan dialihkan ke website Stack Exchange
- Lalu klik Use Your Own Url to Login, maka akan muncul kode HTML OpenID anda
- Pasang kode HTML OpenID yang diberikan Stack Exchange kedalam Template Blog anda dibawah <head>
- Terakhir simpan template

** Penting...!!!
~ Kode HTML OpenID yang diberikan pihak Stack Exchange belum diberi kode penutup, (...">) jika diberi kode penutup menjadi (.../">)~ Jika anda sudah meng-aktifkan OpenID dengan cara melalui blogger, maka ganti kode HTML OpenID dari blogger tersebut dengan kode yang diberikan Stack Exchange.

Sekian dan Terimakasi...semoga artikel yang didapat dari berbagai sumber ini dapat bermanfaat bagi para pembaca blog OkeHand ini.


Mengatasi Error dan Cara Membuat OpenID untuk Komentar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Diposkan oleh OkeHand

Popular Posts

Statistik

DMCA.com Protection Status blog