Cara Lengkap Menghapus Duplikat Meta Deskripsi dan Tag Judul

Yuk kita cari tau...Cara Lengkap Menghapus Duplikat Meta Deskripsi dan Tag Judul melalui Webmaster Tools | Pada kesempatan kali ini, OkeHand akan mencoba untuk berbagi salah satu tips SEO yaitu; bagaimana cara mengatasi duplikat meta deskripsi dan tag judul yang terjadi pada sebuah Blog. Sebenarnya berbicara mengenai optimasi SEO pada sebuah Blog tidak pernah akan ada habisnya, terbukti dari begitu banyak tips dan trik yang disuguhkan oleh pakar pakar SEO didunia maya guna membantu para pemula untuk mengembangkan Blognya seperti blog OkeHand ini.
Mengatasi Duplikat Meta Deskripsi dan Tag Judul
Ok mari kita cari tau lebih dalam...cara mengatasi masalah duplikat meta deskripsi dan tag judul. Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenani pembahasan kali ini, ada baiknya saya ajak anda untuk mengenal terlebih dahulu mengenai arti dari kata; duplikat, meta, deskripsi, tag dan judul dalam dunia blogger.

- Duplikat adalah suatu konten yang serupa (sama) yang muncul dihalaman mesin pencari (search engine).
- Meta adalah suatu elemen HTML atau XHTML yang khusus dan dimasukkan kebadalm halam web/log serata berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web/blog itu sendiri.
- Deskripsi adalah salah satu bentuk meta yang memberikan penjelasan secara singkat mengenai isi dari suatu halaman web.
- Tag adalah sebuah kata kunci yang digunakan untuk menandai elemen-elemen yang terdapat pada suatu dokumen HTML.
- Judul adalah sebuah nama yang biasanya terdiri dari beberapa kata dan berfungsi untuk menggambarkan secara singkat suatu artikel.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai; Duplikat, Meta, Deskripsi, Tag dan Judul.

Apakah Duplikat Meta Deeskripsi dan Tag Judul mempengaruhi SEO dan PageRank suatu Blog?

Ya! Tentu. Karena suatu konten yang serupa (sama) yang muncul dihalaman mesin pencari / search engine (SERPs) akan merusak kualitas Pagerank dari Blog itu sendiri. Oleh karena itu jika masalah Duplikat Meta Deskripsi dan Tag Judul tidak segera untuk diatasi, maka Blog yang mengalami hal tersebut bisa-bisa terkena hukuman Google Penalty (baca; penalti) karena sudah dianggap melanggar ketentuan dari Google.

Baca: Cara Mengetahui Blog terkena Penalti atau tidak

Untuk mengetahui apakah ada konten yang mengalami Duplikat Meta Deskripsi dan Tag Judul atau tidak, anda bisa cek melalui Webmaster Tools.

- Buka Webmaster Tools
- Klik Web blog yang akan dicek
- Klik Tampilan Penelusuran
- Klik Penyempurnaan HTML

** Jika Blog Anda tidak mengalami adanya permasalahan Duplikat Meta Deskripsi dan Tag Judul, maka pada halaman Penyempurnaan HTML akan tampak seperti pada gambar dibawah ini;
** Dan apabila Blog Anda mengalami permasalahan Duplikat Meta Deskripsi dan Tag Judul, maka pada halaman Penyempurnaan HTML akan tampak seperti pada gambar dibawah ini;
Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi Duplikat Meta Deskripsi dan Tag Judul sebenarnya tidaklah sulit, asalkan anda mau berusaha he...he...

Berikut Cara Mengatasi Duplikat Meta Deskripsi dan Tag Judul melalui Webmaster Tools:


1. Langkah pertama masuk ke Webmaster Tools
2. Lalu klik URL Blog Anda pada halaman Search Console
3. Lihat kolom sebelah kiri, lalu Klik Tampilan Penelusuran
4. Lanjut ke bawah dan Klik Penyempurnaan HTML
5. Jika dihalama Penyempurnaan HTML terjadi masalah akan tampak terlihat pada Gambar 2 diatas. Dan apabila masalah Duplikat Meta Deskripsi dan Tag Judul sudah ini terlanjur masuk kedalam Webmaster Tools seperti pada Gambar 2, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah mengajukan permohonan untuk menghapus (request remove) URL yang mengalami duplikat melalui Google Webmaster, dengan cara sebagai berikut;

- Lihat pada laman Deskripsi meta (lihat Gambar 2 diatas)
- Klik Duplikasi deskripsi meta, maka akan muncul daftar tautan (link) URL yang terindeks duplikat
- Lalu klik kanan pada masing-masing tautan URL tersebut, lalu copy satu-satu daftar tautan URL dan pastekan atau simpan dalam notepad
- Setelah semua tautan URL duplikat di copy, buka menu Google Indeks lalu pilih Hapus URL
- Lalu masukan tautan URL yang disimpan di notepad (dicopy) tadi kedalam kolom Hapus URL
- Klik Teruskan
- Klik Kirim Permintaan untuk mengajukan permohonan penghapusan URL yang terindeks duplikat

Selesai sudah cara mengatasi duplikat meta deskripsi dan tag judul melalui Webmaster Tools. Proses penghapusan tautan URL yang terindeks duplikat akan memakan waktu beberapa hari, sering-seringlah membuka Webmaster Tools untuk memastikan bahwa tautan URL yang terindeks duplikat sudah terhapus.

Nah...jika ada kesempatan lagi, saya OkeHand akan memberikan Tips bagaimana Cara Mencegah terjadinya Duplikat Meta Deskripsi dan Duplikat Konten serta Tag Judul. Sekian dan Terima Kasih.

Cara Lengkap Menghapus Duplikat Meta Deskripsi dan Tag Judul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Diposkan oleh OkeHand

Popular Posts

Statistik

DMCA.com Protection Status blog