Blog Terkena Google Sandbox? Begini Jalan Keluarnya

Jika suatu Blog Terkena Google Sandbox ini ibarat kata kita sedang bermain bola lalu ada salah satu dari kita (dalam hal ini sebuah artikel/postingan) yang dianggap melakukan pelanggaran sehingga mendapatkan kartu kuning yang berarti peringatan dari Google selaku wasitnya. Sebagai seorang pemain (dalam hal ini blogger) yang tidak mau menghiraukan peringatan tersebut, maka kita akan diberi sangsi yang kedua, yaitu berupa kartu merah. Artinya salah satu dari artikel blog yang kita miliki akan dikeluarkan dari halaman pencarian mesin pencari (SERPs) bahkan yang lebih parahnya blog kita akan dihapus oleh Google.
Cara Mengatasi Google Sandbox
Nah... setelah membaca penjelasan diatas, tentunya bagi seorang blogger pemula seperti blog OkeHand ini, pastinya akan timbul pertanyaan, apa sih sebenarnya Google Sandbox itu? Google Sandbox adalah sebuah kotak (bok) yang berisi pasir hidup milik Google dan berfungsi untuk menyerap (menghisap) artikel-artikel dari blog tertentu yang dianggap melakukan kegiatan spamming (tidak wajar).

Jadi jika ada sebuah artikel dari Blog kita terkena (masuk) perangkap Google Sandbox ini, dapat dikategorikan sebagai ancaman serius yang bisa mendatangkan masalah besar. Lalu apa saja yang sebenarnya menjadi faktor penyebab?

Nah... Berikut adalah beberapa hal yang menjadi faktor penyebabnya Blog Terkena Google Sandbox lengkap dengan Saran yang dapat dijadikan sebagai jalan keluarnya;

1. Optimasi yang Berlebihan.
Optimasi memang sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah Blog dengan menempatkan kata kunci tertentu, blog bisa menempati halaman depan mesin pencari (SERPs) sehingga akan meningkatkan traffik pengunjung.
Saran; Jangan terlalu banyak memasang kata kunci (keyword) yang dijadikan target dalam sebuah artikel, apalagi Blog masih tergolong baru.

2. Aritikel hasil dari Copy Paste Blog orang lain.
Google sangat membenci dengan artikel yang bukan original alias hasil dari aktivitas copy paste (CoPas) dari Blog orang lain.
Saran; Buatlah artikel yang original atau jika memang meng-copy artikel dari Blog orang lain, rubahlah dengan gaya bahasa sendiri.

3. Backlink yang terlalu Berlebihan.
Backlink memang sangat berpengaruh terhadap SEO, namun jika terlalu berlebihan akan berdampak kurang baik pada Blog tersebut.
Saran; Jangan pernah mencoba untuk membeli backlink, karena jika Google mengetahui maka Blog tersebut akan dianggap menyalahi aturan dan sebagai sangsinya Blog akan terkena Google Sandbox.

4. Terlalu sering melakukan Ping.
Ping merupakan salah aktivitas seorang Blogger untuk memberitahukan ke salah satu situs web directory mesin pencari setelah melakukan pembaharuan maupun setelah mempublikasikan artikel/postingan baru agar cepat terindex.
Saran; Jangan melakukan Ping berkali-kali karena ini akan dianggap perbuatan spamming oleh Google. Gunakan Ping jika setelah melakukan pembaharuan pada Blog kita.

5. Broken Link (banyak tautan yang rusak).
Banyaknya Link yang rusak ini juga menjadi salah satu faktor penyebab masuknya Blog ke dalam Google Sandbox.
Saran; Cek semua link yang terdapat pada Blog kita dan jika menemukan link yang rusak segeralah diperbaiki. Dan untuk mengetahui Link yang rusak pada blog kita, silahkan anda menuju ke brokenlinkcheck.com

Dari kelima faktor penyebab diatas itulah yang menjadikan Blog masuk kedalam perangkap Google Sandbox. Namun jangan khawatir terlebih dahulu, karena Google Sandbox ini bersifat peringatan dalam bentuk hukuman sementara. Ibarat kita masuk ke lubang pasir hidup (hisap) lalu kita panik dan terus bergerak maka kita akan terus ketarik hingga tenggelam.

Sekian dan Terima Kasih.


Blog Terkena Google Sandbox? Begini Jalan Keluarnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Diposkan oleh OkeHand

Popular Posts

Statistik

DMCA.com Protection Status blog